Aneka Info Menarik

Resep Ayam Plecing Lezat dan Gurih

Resep Ayam plecing yaitu salah satu masakan nusantara yang datang dari pulau lombok, ya, nyatanya Lombok bukan cuma menyajikan alamnya yang indah saja, tetapi nyatanya juga menyimpan sebuah masakan yang bisa menggoyang lidah siapa saja. Diantaranya yaitu ayam plecing tersebut, yang mungkin saja untuk mereka yang suka berwisata kuliner udah enggak asing lagi di lidah, tetapi bagaimanakah dengan anda yang belum pernah mencobanya? Janganlah merasa cemas, dikarenakan pada kesempatan ini kami juga akan mencoba sharing sebuah resep serta langkah membuat ayam plecing tersebut yang bisa anda coba sendiri dirumah.

Bunda enggak harus jauh-jauh pergi ke lombok untuk dapat merasakan lezatnya resep olahan ayam ini. Hal itu karena bunda bisa mengerjakannya sendiri dirumah. Dengan bahan yang gampang di dapat dan langkah permbuatannya yang enggak rumit, pasti akan membuat bunda semangat untuk menyajikannya ditengah keluarga terkasih.

Nah, pasti bunda udah enggak sabar untuk mengetahui bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat masakan ini. Kami memberikan bahan serta langkah pembuatan dari menu masakan ayam plecing ini, spesial untuk bunda supaya dapat mempraktekkannya dirumah. Kemudian, bunda akan menjadi primadona di keluarga, dikarenakan sudah menghidangkan makanan lezat ini. Langsung saja bun simak Berikut ini resep ayam plecing yang layak anda coba.



Resep Ayam Plecing

Bahan untuk membuat Ayam Plecing

  • Ayam yang berukuran sedang sejumlah 1 ekor (kalau bisa ayam yang masih tetap muda)
  • Jeruk limau sekitar 3 buah
  • Minyak goreng secukupnya
Bahan untuk bumbu halus :
  • Bawang putih sekitar 4 siung
  • Cabai rawit sekitar 5 sampai 10 buah (tergantung selera pedas yang disukai)
  • Cabai merah sekitar 9 buah
  • Terasi masak sekitar ½ sdt
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara membuat ayam plecing khas Lombok :

  1. Langkah pertama yang bisa dikerjakan yaitu dengan membersihkan ayam terlebih dulu sampai tidak memiliki jeroan,
  2. Kemudian tusuklah dengan bambu dengan posisi seperti seperti akan membuat ayam bekakak.
  3. Lantas panggang ayam tersebut di atas api sampai betul-betul matang dengan cara selalu di bolak-balik, selanjutnya angkat ayam serta sisihkan terlebih dulu.
  4. Apabila ingin ayam betul-betul lunak dengan cepat, maka ada sebuah tips yakni dengan melumuri ayam dengan nenas parut sebentar saat sebelum ayam di panggang serta sesudah dibersihkan tadi.
  5. Langkah berikutnya yang bisa dikerjakan yaitu dengan menghaluskan semua bumbu untuk bumbu halus yang sudah disediakan tadi, kemudian tuang air perasan jeruk limau serta minyak goreng sekitar lebih kurang 4 sdm dan aduk sampai rata.
  6. Apabila bumbu tersebut terlalu kental maka anda juga bisa memberikan sedikit air supaya bumbu tersebut lebih gampang di proses.
  7. Sesudah itu, berikan bumbu tersebut pada ayam yang sudah dipanggang sebelumnya sampai rata, lantas panggang kembali ayam tersebut, terus oleskan bumbu tersebut saat membakar ayam sampai ayam kering dan bumbu tersebut meresap ke ayam.
  8. Kalau udah demikian lalu angkat ayam dan hidangkan ayam plecing itu selagi hangat bersama-sama dengan nasi putih hangat, dan ayam plecing pun siap disantap.
Lihat juga:  Resep Ayam Bumbu Bali

Itulah resep mudah membuat ayam plecing sendiri dirumah, bagaimana, tertarik kah? oh ya, untuk cabainya buat anda yang tidak gemar dengan rasa pedas dapat di kurangin jumlahnya sesuai selera.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Ayam Plecing Lezat dan Gurih

0 comments:

Post a Comment