Aneka Info Menarik

10 Air Terjun Tertinggi Di Dunia

10 Air Terjun Tertinggi Di Dunia – Air terjun merupakan salah satu fenomena alam yang sangat luar biasa. Meskipun pada dasarnya air terjun merupakan aliran air biasa, akan tetapi karena letaknya yang tidak normal, air terjun menjadi benar – benar terlihat indah.

Nah, berbicara mengenai air terjun, berikut ini merupakan daftar 10 air terjun tertinggi di Dunia yang sangat menakjubkan:

Air Terjun Angel Falls
10 Air Terjun Tertinggi Di Dunia

Air terjun Angel Falls terletak di benua Afrika, tepatnya di Negara Venezuela. Air terjun ini pertama kali ditemukan oleh Ernesto de Santa Cruz di sekitaran awal abad ke 20. Sejak pertama kali ditemukan, kabarnya air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 979 meter ini telah dijadikan sebagai salah satu lokasi wisata yang paling banyak dikunjungi di Venezuela.

Air Terjun Tugela
10 Air Terjun Tertinggi Di Dunia

Air terjun tugela merupakan air terjun bertingkat yang terletak di Benua Afrika bagian Selatan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 948 meter. Sayangnya, karena memiliki aliran air yang bertingkat, posisi air terjun ini dalam rekor air terjun tertinggi di dunia menjadi diperdebatkan.

Air Terjun Tres Hermanas
10 Air Terjun Tertinggi Di Dunia

Sama seperti halnya air terjun Tugela, air terjun Tres Hermanas juga merupakan air terjun bertingkat yang memiliki 3 anak aliran air terjun yang mengalir secara simultan. Konon karena memiliki tiga aliran air terjun, air terjun yang memiliki ketinggian total sekitar 914 meter ini sering dijuluki dengan sebutan Three Sisters Falls. ( Lihat juga: Animasi Gambar Foto Air Terjun Bergerak

Air Terjun Olo Upena
10 Air Terjun Tertinggi Di Dunia

Air terjun Olo Upena merupakan air terjun raksasa yang terletak di sekitaran kepulauan Molokai. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 900 meter. Sayangnya, meskipun memiliki penampilan yang luar biasa indah, lokasi air terjun ini sangat sulit untuk diakses. Konon, untuk bisa sekedar mengunjungi air terjun ini, para pengunjungnya harus rela mengeluarkan kocek ratusan hingga ribuan dollar untuk menyewa helikopter.

Air Terjun Yumbilla
10 Air Terjun Tertinggi Di Dunia

Air terjun ke lima yang juga turuk termasuk ke dalam daftar 10 air terjun tertinggi di Dunia adalah air terjun Yumbilla. Berbeda dengan air terjun tertinggi di dunia yang sebelumnya, Air terjun Yumbilla cenderung memiliki aliran air yang jauh lebih kecil. Meskipun begitu, air terjun ini yang terletak di Negara Peru ini memiliki ketinggian total mencapai 870 meter loh.

Air Terjun Vinnufossen
10 Air Terjun Tertinggi Di Dunia

Air terjun Vinnufossen merupakan air terjun  raksasa yang aliran airnya melekat di tebing curam yang ada di Negara Norway. Menurut beberapa sumber yang kami baca, Air terjun Vinnufossen saat ini merupakan air terjun yang paling Indah di negaranya. Sayangnya, karena terletak di daerah tebing yang sangat curam, air terjun ini sangat sulit untuk diakses.

Air Terjun Puukaoku Falls
10 Air Terjun Tertinggi Di Dunia

Air terjun Puukaoku Falls merupakan air terjun raksasa dua tingkat yang terletak di daerah Kepulauan Hawai. Air terjun yang terletak di sekitar pebukitan Puukaoku ini kabarnya memiliki ketinggian sekitar 840 meter.

Air Terjun Browne Falls
10 Air Terjun Tertinggi Di Dunia

Air terjun tertinggi di dunia yang selanjutnya adalah air terjun Browne Falls. Air terjun Browne Falls merupakan air terjun raksasa yang terletak di negara Selandia Baru, tepatnya di sekitar daerah Fiorland National Park. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 836 meter ini kabarnya merupakan aliran air dari danau sempit yang ada di pegunungan Browne.

Air Terjun Gocta Falls
10 Air Terjun Tertinggi Di Dunia

Air Terjun Gocta Falls merupakan air terjun berukuran raksasa yang terletak di Amazon. Air terjun yang terletak di sekitar pegunungan Amazon ini kabarnya memiliki ketinggian mencapai 771 meter. Karena debit alirannya yang sangat besar, air terjun ini menjadi terlihat jauh lebih istimewa dibandingkan dengan air terjun – air terjun yang sebelumnya.

Air Terjun Plitvice
10 Air Terjun Tertinggi Di Dunia

Air terjun terakhir yang turut masuk ke dalam daftar 10 air terjun tertinggi di Dunia adalah air terjun Plitvice. Air terjun Plitvice merupakan air terjun bercabang banyak yang terletak di dataran tinggi Kroasi. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 636 meter yang menepatkannya sebagai air terjun tertinggi ke sepuluh di dunia.
Lihat juga: Gambar pemandangan Air Terjun Terindah Di dunia
Daftar 10 air terjun tertinggi di dunia didominasi oleh air terjun yang ada di benua Afrika. Karena air terjun merupakan fenomena alam yang tidak dapat terbentuk dalam waktu singkat, maka kemungkinan besar daftar air terjun ini akan bertahan hingga beberapa puluh tahun yang akan datang.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 10 Air Terjun Tertinggi Di Dunia

0 comments:

Post a Comment